Sasaran dan Strategi Pendidikan
SASARAN PENCAPAIAN
  1. Terwujudnya program studi kebidanan yang berdaya saing secara nasional pada tahun 2025 yang indikatornya memiliki akreditasi institusi sangat baik dan internasional pada tahun 2035 yang indikatornya memiliki akreditasi institusi unggul.
  2. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas serta berdaya saing untuk mendukung terwujudnya bidan profesional pada Program Diploma III  Kebidanan sesuai dengan kebutuhan stakeholders.
  3. Dihasilkannya sumber daya manusia yang menguasai keilmuan dan keterampilan asuhan kebidanan yang memiliki IPK minimal 3,5.
  4. Dihasilkannya sumber daya manusia yang mampu memberikan pelayanan prima pada asuhan kebidanan dengan indikatornya dapat memberikan pelayanan sesuai dengan standar Asuhan Kehamilan dan Asuhan Persalinan Normal.
  5. Dihasilkannya sumber daya manusia yang mampu menerapkan manajemen kebidanan dengan indikator mampu melaksanakan pendokumentasian manajemen kebidanan.
  6. Dihasilkannya sumber daya manusia yang mampu melaksanakan praktek mandiri kebidanan.
  7. Dihasilkannya sumber daya manusia yang mampu mengenal, merumuskan, mengkaji, menetapkan diagnosa kebidanan, membuat intervensi dan mengimplementasikan tindakan serta dapat mengevaluasi tindakan yang indikatornya memiliki sertifikat kompetensi dan Surat Tanda Registrasi (STR) kebidanan.
  8. Dihasilkannya sumber daya manusia yang mampu mengaplikasikan asuhan kebidanan di masyarakat yang indikatornya memiliki sertifikat kompetensi dan Surat Tanda Registrasi (STR) kebidanan.
  9. Dihasilkannya sumber daya manusia yang memiliki integritas, moral dan berakhlak mulia yang dilandasi iman dan takwa dengan indikatornya rajin beribadah (melakukan interaksi dengan Tuhan Yang Maha Esa).
  10. Dikembangkannya iklim belajar yang nyaman, harmonis, saling bekerjasama dan saling menghargai antar Sivitas akademika dengan indikator suasana perkuliahan lancar dan kualitas semakin tinggi (IPK mahasiswa semakin meningkat).
  11. Dikembangkannya kerjasama dengan berbagai pihak baik secara regional, nasional maupun internasional dengan indikator keberadaan MoU dan mampu melaksanakan MoU tersebut.
STRATEGI PENCAPAIAN
  1. Rencana Jangka Pendek (2015 – 2020)
  1. Melakukan revisi kurikulum sesuai kompetensi yang diharapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan serta sesuai  kebutuhan stakeholders.
  2. Meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran untuk menciptakan suasana akademis yang kondusif dalam proses pembelajaran, yaitu; peningkatan peralatan laboratorium, sistem administrasi berbasis jaringan internet, e-learning).
  3. Meningkatkan kompetensi dosen melalui studi lanjut ke jenjang S2 dan S3, dan 100% dosen bergelar Magister.
  4. Meningkatkan wawasan civitas akademika melalui pelatihan-pelatihan dan studi banding.
  5. Membangun jejaring kemitraan dengan berbagai pihak dan atau stakeholders baik secara regional, nasional maupun internasional.
  1. Rencana Jangka Menengah (2020 – 2025)
  1. Penyusunan kurikulum standar internasional,
  2. Peningkatan peran serta dosen dalam penelitian dan pengabdian masyarakat serta dalam seminar nasional.
  3. Dosen dengan kualifikasi Doktor sebanyak 10%.
  4. Menyusun standar kompetensi luaran bertaraf Nasional dan Internasional.
  5. Fasilitas layanan administrasi akademik mahasiswa berbasis jaringan WAN (Wide Area Network) yang dapat diakses oleh mahasiswa.
  6. Pengembangan media ajar berbasis website (e-learning)
  7. Membangun jejaring kemitraan dengan instansi pemerintah, swasta dan perguruan tinggi lainnya di Indonesia serta di luar negeri.
  1. Rencana Jangka Panjang (2025 – 2035)
  1. Penerapan kurikulum standar internasional.
  2. Fasilitas laboratorium dan sarana penunjang proses belajar telah berstandar internasional.
  3. Penelitian dan pengabdian dosen sudah bertaraf internasional.
  4. Dosen dapat berkomunikasi menggunakan bahasa internasional (Bahasa Inggris) dengan baik.
  5. Semua dosen telah berpendidikan doktor (S3) dan bergelar Guru Besar.
  6. Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di Asia Tenggara, Australia, Eropa dan lain-lain.